Tips dan Strategi Agar
Perusahaan Dapat Bertahan Lama
Mengembangkan
sebuah bisnis yang bergerak di bidang barang ataupun jasa dari nol membutuhkan
pengalaman, perjuangan, usaha, pengorbanan dan kerja keras. Bisnis yang dapat
dibuat pun bermacam-macam, mulai dari usaha kecil, berdagang hingga membuat
sebuah perusahaan. Bagi pengusaha pemula, seolah tak ada waktu untuk
berleha-leha untuk mengembangkan bisnis yang lebih besar dan dapat bertahan
mengikuti perkembangan zaman.
Para
pebisnis besar saat ini pasti pernah mengalami masa-masa bisnis sulit dari mulai
merangkak hingga tumbuhnya kerajaan bisnis mereka saat ini. Tentunya untuk mencapai
kesuksesan tersebut dibutuhkan ketekunan dan kerja keras serta kiat dalam
menghadapi persaingan agar perusahaan tetap eksis dan tumbuh besar.
Berikut
ini akan dijelaskan beberapa kunci kesuksesan sebuah perusahaan dalam
menjalankan bisnis menurut pendapat saya yang telah dirangkum dari berbagai
sumber:
1. Merencanakan
Strategi Perusahaan & Pemasaran
Dalam
menjalankan bisnis perusahaan perlu perencanaan yang matang agar bisa bertahan
menghadapi persaingan. Dalam perencanaan ini dibuat sebuah target pasar sasaran
sesuai dengan tujuan pendirian perusahaan yang tercantum di dalam visi misi
perusahaan. Target pasar ini termasuk menetapkan calon pembeli atau pengguna
jasa serta produk yang akan ditawarkan. Strategi dengan membuat target ini
dapat menjadi motivasi dan indikator keberhasilan pencapaian bisnis yang
dijalankan. Seiring berjalanan proses bisnis tentunya diperlukan strategi
pemasaran yang jitu dan baik agar bisa menghasilkan keuntungan seperti yang
ditargetkan, karena pemasaran merupakan kunci dan ujung tombak perusahaan agar
tetap tumbuh dan bertahan.
2. Mempelajari
Lingkungan & Kompetitior
Mempelajari
lingkungan disini dilakukan baik secara internal dan eksternal. Secara internal
adalah dengan mempelajari sumber daya yang dimiliki perusahaan seperti para pegawai.
Perusahaan yang dapat memahami apa yang menjadi kekuatan dan kelemahannya dapat
mencapai tujuan perusahaan dengan lebih mudah. Secara eksternal adalah dengan
mempelajari lingkungan bisnis sekitarnya seperti kompetitor bisnis lainnya. Pemantauan
yang dapat dilakukan seperti bagaimana cara mereka memasarkan produknya, lokasi
usaha serta bagaimana cara mereka mengemas bungkusnya. Dengan mempelajari apa
yang dilakukan oleh kompetitor, membuat perusahaan mengetahui kelemahan dan
keunggulan kompetitior sehingga mampu menyusun langkah-langkah ke depan yang
harus dibuat agar tetap bisa bertahan dan menjadi leader. Perusahaan harus
mampu mengidentifikasi setiap tantangan dan mengambil peluang yang ada serta
dapat menyesuaikan diri dengan cepat.
3. Memahami Karakteristik Konsumen &
Pasar
Ketika
perusahaan mengetahui karakteristik dan kebutuhan konsumen menjadikan peluang
besar bagi perusahaan untuk menjadi leader dan memperluas pangsa pasar. Untuk
mengetahui apa yang disukai konsumen dapat dilakukan dengan cara riset dan
survei atau dengan memposisikan diri sebagai seorang konsumen.
4. Mengenali & Menonjolkan
Keunggulan Produk
Sesuai
prinsip bisnis baik produk barang atau jasa perlu ditonjolkan keunggulan produk
yang dipasarkan. Produk atau jasa yang ditawarkan harus memiliki kelebihan dan
keunggulan dibandingkan kompetitor bisnis lain agar perusahaan dapat bertahan
dan mempunyai daya saing. Jika tidak, maka produk yang ditawarkan akan terlihat
sama saja dengan yang lain, membuat konsumen tidak tarik untuk mencoba produk
yang perusahaan kita buat.
5. Menetapkan Harga yang Mampu Bersaing
Untuk
pebisnis pemula, disarankan untuk membanderol harga yang sedikit lebih murah
dibandingkan produk atau jasa serupa. Hal ini wajar sebagai sarana promosi
sebab produk yang ditawarkan belum dikenal oleh masyarakat. Menurut saya
membanderol harga yang setara atau bahkan terlampau tinggi, akan membuat produk
tidak laku dan kalah bersaing dengan produk serupa yang telah ada terlebih
dahulu.
6. Terus Berinovasi Mengikuti Zaman
Produk
yang ditawarkan harus selalu mengikuti perkembangan trend yang ada di pasaran.
Hal ini diperlukan agar masyarakat tidak merasa bosan dan produk tidak akan
ketinggalan zaman. Salah satu contoh inovasi adalah mengubah kemasan produk
atau mengubah bentuk produk (seperti pada produk nugget yang menggambarkan
beraneka bentuk hewan agar menarik perhatian anak-anak).
7. Memiliki Ciri Khas & Identitas
yang Mudah Diingat
Menurut
saya membuat sebuah ciri khas dari produk yang ditawarkan sangat penting. Hal
ini berpengaruh bagi masyarakat agar selalu ingat sewaktu-waktu membutuhkan
produk tersebut. Contohnya seperti air mineral AQUA, identitas tersebut yang melekat
erat pada masyarakat saat untuk menyebutkan air minum mineral kemasan.
8. Memperluas Pemasaran & Iklan
Agar perusahaan
dapat bertahan dan semakin besar maka diperlukan cara pemasaran yang baik dan
mengikuti perkembangan zaman. Kemudahan teknologi internet, telekomunikasi dan
pertelevisian mempermudah sebagai sarana pemasaran produk barang atau jasa.
Berikut merupakan cara-cara yang dapat dilakukan menurut saya untuk mendorong
perusahan semakin maju dan berkembang :
·
-Memasarkan produk melalui
situs online
·
-Membuat website perusahaan
agar mudah dikenal
·
-Memanfaatkan sosial media
sebagai sarana promosi
·
-Mengenalkan produk kepada
suatu komunitas
9. Cermat Mengatur Keuangan
Perusahaan
yang mampu bertahan harus bisa bersikap cermat dan hemat dalam membelanjakan
uangnya. Orang-orang dibalik layar yang mengatur keuangan pun harus mempunyai
integritas dan dapat dipercaya. Pengaturan keuangan merupakan salah satu kunci
perusahaan dalam mengembangkan sayap usahanya serta modal yang akan diputar.
10. Rutin Melakukan Evaluasi Team Work
Untuk
menjadi lebih maju, perusahaan harus terus melakukan evaluasi secara rutin baik
perkembangan dan tantangan perusahaan. Kekompakan pegawai dalam sebuah
perusahaan merupakan kunci kesuksesan internal. Dimana memilih dan membentuk
karakter pegawai yang inovatif, kompetitif dan juga solid merupakan hal yang
perlu dipertimbangkan. Evaluasi rutin ini juga bermanfaat sebagai bahan
pertimbangan dan riwayat perusahaan dengan belajar dari pengalaman yang sudah
pernah dialami sebelumnya.
Referensi :
http://bisnis.liputan6.com/read/3058279/8-cara-jitu-agar-bisnis-bisa-berkembang-pesat
https://m.merdeka.com/uang/6-tips-mudah-agar-bisnis-anda-bertahan-lama/kenali-keunggulan-produk.html
https://ekbis.sindonews.com/read/1095414/39/tips-agar-bisnis-anda-bertahan-lama-1458790549/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar