Selasa, 05 Desember 2017

Pengantar Bisnis Informatika 4# "Tips dan Strategi Agar Perusahaan Bertahan Lama"

Tips dan Strategi Agar Perusahaan Dapat Bertahan Lama

Mengembangkan sebuah bisnis yang bergerak di bidang barang ataupun jasa dari nol membutuhkan pengalaman, perjuangan, usaha, pengorbanan dan kerja keras. Bisnis yang dapat dibuat pun bermacam-macam, mulai dari usaha kecil, berdagang hingga membuat sebuah perusahaan. Bagi pengusaha pemula, seolah tak ada waktu untuk berleha-leha untuk mengembangkan bisnis yang lebih besar dan dapat bertahan mengikuti perkembangan zaman.

Para pebisnis besar saat ini pasti pernah mengalami masa-masa bisnis sulit dari mulai merangkak hingga tumbuhnya kerajaan bisnis mereka saat ini. Tentunya untuk mencapai kesuksesan tersebut dibutuhkan ketekunan dan kerja keras serta kiat dalam menghadapi persaingan agar perusahaan tetap eksis dan tumbuh besar.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa kunci kesuksesan sebuah perusahaan dalam menjalankan bisnis menurut pendapat saya yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1.     Merencanakan Strategi Perusahaan & Pemasaran
Dalam menjalankan bisnis perusahaan perlu perencanaan yang matang agar bisa bertahan menghadapi persaingan. Dalam perencanaan ini dibuat sebuah target pasar sasaran sesuai dengan tujuan pendirian perusahaan yang tercantum di dalam visi misi perusahaan. Target pasar ini termasuk menetapkan calon pembeli atau pengguna jasa serta produk yang akan ditawarkan. Strategi dengan membuat target ini dapat menjadi motivasi dan indikator keberhasilan pencapaian bisnis yang dijalankan. Seiring berjalanan proses bisnis tentunya diperlukan strategi pemasaran yang jitu dan baik agar bisa menghasilkan keuntungan seperti yang ditargetkan, karena pemasaran merupakan kunci dan ujung tombak perusahaan agar tetap tumbuh dan bertahan.

2.   Mempelajari Lingkungan & Kompetitior
Mempelajari lingkungan disini dilakukan baik secara internal dan eksternal. Secara internal adalah dengan mempelajari sumber daya yang dimiliki perusahaan seperti para pegawai. Perusahaan yang dapat memahami apa yang menjadi kekuatan dan kelemahannya dapat mencapai tujuan perusahaan dengan lebih mudah. Secara eksternal adalah dengan mempelajari lingkungan bisnis sekitarnya seperti kompetitor bisnis lainnya. Pemantauan yang dapat dilakukan seperti bagaimana cara mereka memasarkan produknya, lokasi usaha serta bagaimana cara mereka mengemas bungkusnya. Dengan mempelajari apa yang dilakukan oleh kompetitor, membuat perusahaan mengetahui kelemahan dan keunggulan kompetitior sehingga mampu menyusun langkah-langkah ke depan yang harus dibuat agar tetap bisa bertahan dan menjadi leader. Perusahaan harus mampu mengidentifikasi setiap tantangan dan mengambil peluang yang ada serta dapat menyesuaikan diri dengan cepat.

3. Memahami Karakteristik Konsumen & Pasar
Ketika perusahaan mengetahui karakteristik dan kebutuhan konsumen menjadikan peluang besar bagi perusahaan untuk menjadi leader dan memperluas pangsa pasar. Untuk mengetahui apa yang disukai konsumen dapat dilakukan dengan cara riset dan survei atau dengan memposisikan diri sebagai seorang konsumen.

4. Mengenali & Menonjolkan Keunggulan Produk
Sesuai prinsip bisnis baik produk barang atau jasa perlu ditonjolkan keunggulan produk yang dipasarkan. Produk atau jasa yang ditawarkan harus memiliki kelebihan dan keunggulan dibandingkan kompetitor bisnis lain agar perusahaan dapat bertahan dan mempunyai daya saing. Jika tidak, maka produk yang ditawarkan akan terlihat sama saja dengan yang lain, membuat konsumen tidak tarik untuk mencoba produk yang perusahaan kita buat.

5. Menetapkan Harga yang Mampu Bersaing
Untuk pebisnis pemula, disarankan untuk membanderol harga yang sedikit lebih murah dibandingkan produk atau jasa serupa. Hal ini wajar sebagai sarana promosi sebab produk yang ditawarkan belum dikenal oleh masyarakat. Menurut saya membanderol harga yang setara atau bahkan terlampau tinggi, akan membuat produk tidak laku dan kalah bersaing dengan produk serupa yang telah ada terlebih dahulu.


6. Terus Berinovasi Mengikuti Zaman
Produk yang ditawarkan harus selalu mengikuti perkembangan trend yang ada di pasaran. Hal ini diperlukan agar masyarakat tidak merasa bosan dan produk tidak akan ketinggalan zaman. Salah satu contoh inovasi adalah mengubah kemasan produk atau mengubah bentuk produk (seperti pada produk nugget yang menggambarkan beraneka bentuk hewan agar menarik perhatian anak-anak).

7. Memiliki Ciri Khas & Identitas yang Mudah Diingat
Menurut saya membuat sebuah ciri khas dari produk yang ditawarkan sangat penting. Hal ini berpengaruh bagi masyarakat agar selalu ingat sewaktu-waktu membutuhkan produk tersebut. Contohnya seperti air mineral AQUA, identitas tersebut yang melekat erat pada masyarakat saat untuk menyebutkan air minum mineral kemasan.

8. Memperluas Pemasaran & Iklan
Agar perusahaan dapat bertahan dan semakin besar maka diperlukan cara pemasaran yang baik dan mengikuti perkembangan zaman. Kemudahan teknologi internet, telekomunikasi dan pertelevisian mempermudah sebagai sarana pemasaran produk barang atau jasa. Berikut merupakan cara-cara yang dapat dilakukan menurut saya untuk mendorong perusahan semakin maju dan berkembang :
·         -Memasarkan produk melalui situs online
·         -Membuat website perusahaan agar mudah dikenal
·         -Memanfaatkan sosial media sebagai sarana promosi
·         -Mengenalkan produk kepada suatu komunitas


9. Cermat Mengatur Keuangan
Perusahaan yang mampu bertahan harus bisa bersikap cermat dan hemat dalam membelanjakan uangnya. Orang-orang dibalik layar yang mengatur keuangan pun harus mempunyai integritas dan dapat dipercaya. Pengaturan keuangan merupakan salah satu kunci perusahaan dalam mengembangkan sayap usahanya serta modal yang akan diputar.

10. Rutin Melakukan Evaluasi Team Work
Untuk menjadi lebih maju, perusahaan harus terus melakukan evaluasi secara rutin baik perkembangan dan tantangan perusahaan. Kekompakan pegawai dalam sebuah perusahaan merupakan kunci kesuksesan internal. Dimana memilih dan membentuk karakter pegawai yang inovatif, kompetitif dan juga solid merupakan hal yang perlu dipertimbangkan. Evaluasi rutin ini juga bermanfaat sebagai bahan pertimbangan dan riwayat perusahaan dengan belajar dari pengalaman yang sudah pernah dialami sebelumnya.







Referensi :
http://bisnis.liputan6.com/read/3058279/8-cara-jitu-agar-bisnis-bisa-berkembang-pesat
https://m.merdeka.com/uang/6-tips-mudah-agar-bisnis-anda-bertahan-lama/kenali-keunggulan-produk.html
https://ekbis.sindonews.com/read/1095414/39/tips-agar-bisnis-anda-bertahan-lama-1458790549/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar