Perusahaan E-Commerce
Bhinneka (Bhinneka.com)
Apa itu Bhinneka.Com?
Bhineka.Com
merupakan bisnis online store yang bergerak di bidang penjualan
perangkat-perangkat IT atau teknologi. Bhinneka.com
dikenal luas oleh
masyarakat sebagai toko elektronik dan komputer. Merupakan sebuah perusahaan yang menjual berbagai peralatan komputer, PC atau laptop atau gadget.
Bhinneka.com
merupakan situs e-commerce angkatan
pelopor online store yang sampai saat
ini terus berkembang dan bertumbuh menjadi situs e-Commerce terbesar di
Indonesia. Bhinneka.com (Indonesia
#1 Webstore), dari tagline memang bervisi untuk menjadi
pemain di "kandang sendiri", bagaimana bisa menjadi pilihan Online Shopping bagi masyarakat
Indonesia.
Sejarah Kesuksesan
PT. Bhinneka Mentari
Dimensi lahir tahun 1993 awalnya sebagai
perusahaan offline biasa, didirikan oleh Hendrik
Tio dan beberapa orang rekannya dengan memilih bidang teknologi informasi
sebagai inti bisnisnya. Fokus pertama dimulai dari distribusi produk IT seperti
PC Build Up dan PC Compatible, Peripherals, rancang bangun perangkat lunak jasa
jaringan (Lan/Wan), solusi video editing hingga
pusat servis.
Mereka memulai bisnis baru ini di tahun 1993 yang saat
itu masih fokus mendistribusikan produk luar negeri. Berkat kerja keras mereka,
akhirnya di tahun 1994 mereka berhasil menjadi official distributor berbagai
macam produk luar negeri yang fokus pada produk large printer. Perusahaan terus
berkembang sebagai distributor produk luar negeri, dan mulai merambah ke bisnis
IT pada tahun 1995. Bisnis pun berkembang pesat, hingga tahun 1997 PT. Bhinneka
Mentari Dimensi mendapatkan penghargaan Distributor
of The Year dari Micron Electronic.
Namun tahun 1998, perusahaan mulai goyah dan terpuruk
karena adanya krisis moneter. Brand-brand luar negeri yang sebelumnya sebagai
ujung tombak perusahaan mulai meninggalkan Indonesia. Mau tidak mau mereka
melakukan apa saja demi kelangsungan hidup perusahaan dan pemangkasan karyawan
pun terpaksa dilakukan. Palugada (aPA LU mau Gue ADA) menjadi prinsip mereka
saat itu. Apa yang customer inginkan
mereka berusaha menyediakan. Bahkan sembako pun mereka jual.
Namun pada tanggal 1 Juni 1999 yang sekarang dikenal dengan Hari Kebangkitan Bhinneka,
Hendrik Tio dan rekan-rekan berkumpul bersama, mencoba membicarakan kelanjutan
bisnis mereka akan seperti apa, akan bagaimana. Karena sebagian dari mereka
merupakan lulusan IT, akhirnya mereka mencoba peruntungan untuk membuat bisnis
melalui internet (e-commerce), maka terbentuklah www.bhinneka.com. Bhinneka.com diluncurkan
dengan program yang masih sangat sederhana, yaitu HTML. Bisnis e-commerce yang
pada saat itu belum begitu dikenal, membuat mereka menjadi satu-satunya
perusahaan yang menawarkan kemudahan bagi customer.
Dengan duduk manis di rumah atau kantor, customer hanya tinggal mengklik tombol
buy, bayar, maka barang akan sampai
di tujuan.
Pelan tapi pasti, akhirnya tahun 2001 mereka membuka
offline store pertama yang terletak di Mangga Dua Mall. Berbagai penghargaan
tak henti-hentinya berdatangan. Bubu Award dengan kategori e-commers, didapatkan berturut-turut pada tahun 2002, 2003 dan
2005. Tahun 2004 juga mendapatkan penghargaan The Best Ecommerce Compan dari
SWA dan masih banyak lainnya. Makin banyaknya permintaan customer, maka ditambahlah offline
store, yaitu di Point Square dan Ambassador pada tahun 2007. Dan tahun 2008
juga dibuka offline store lagi yaitu
di Pasific Place, Grand Indonesia dan Cibubur Juction.
Untuk membuat bisnis ecommers menjadi berkembang dan maju mau tak mau menjadikan
Bhinneka.Com mengikuti perkembangan pasar dan teknologi. Pada tahun 2011,
Bhinneka.Com mulai menunjukkan taringnya dengan memulai kategori-kategori baru
seperti Home & Electronic, Toys dan
Sport and Outdoor. Di tahun 2013 kategori yang disediakan sudah semakin
banyak, seperti ditambahkannya Otomotif, Fashion,
Perkakas, Baby and Toys, dan masih banyak lainnya. Kerjasama dengan berbagai
pihak bank juga mulai dilakukan, seperti dengan program cicilan seperti dari
BCA, Mandiri, CIMB Niaga, ANZ, UOB, Danamon, Bukopin, dan Mega.
Pertumbuhan Bhinneka.Com semakin signifikan. Hingga
tahun 2013 saja customer yang sudah
berbelanja sebanyak 518.662 baik perorangan maupun perusahaan. Begitupun juga
pertumbuhan karyawan, dari awal dibentuk hanya sekitar 12 orang, saat ini sudah
mencapai 500 karyawan lebih.
Tantangan Yang Dihadapi Perusahaan
- Saat terjadi krisis moneter tahun 1998, perusahaan mulai goyah dan terpuruk, akibatnya brand-brand luar negeri yang sebelumnya sebagai ujung tombak perusahaan mulai meninggalkan Indonesia.
- Saat awal pendirian situs, infrastruktur internet Indonesia masih menggunakan dial up yang cukup yang lambat.
- Pasar yang belum percaya pada belanja online ini juga belum di dukung dengan online payment system dari banking.
- Pasar yang masih kecil, ketidakpercayaan masyarakat pada model bisnis internet.
- Banking yang belum siap dan infrastruktur pendukung bisnis online shopping seperti jasa pengiriman, jaringan internet dan unit komputer yang masih mahal saat itu.
Apa Yang Membuat Perusahaan Dapat
Bertahan?
- Tekad Membangun Merek
Pemilihan
nama Bhinneka, selain memang nama pertama dari nama perusahaan, dirasakan perlu
adanya sebuah nama yang sangat Indonesia. Apalagi kata Bhinneka mengandung
filosofi yang pas, yaitu keanekaragaman. Sebab positioning yang ingin dibangun adalah apapun kebutuhan produk IT
Anda, klik saja Bhinneka.com, yang menyediakan produk IT yang lengkap, up to date dan kompetitif. Maka slogan
yang menempel adalah Indonesia #1
Computer Webstore.
Setelah
kurang lebih 9 tahun, Bhinneka.com diam-diam mempersiapkan diri untuk
melebarkan sayap di luar lini produk selain produk IT & Elektronik. Maka
pada tahun 2008, tagline Indonesia #1
Computer Webstore diubah menjadi Indonesia #1 Online Store.
- Membedakan Diri Dalam
Membangun Merek
Untuk
menunjukkan sisi sentuhan pribadi Bhinneka.com senantiasa menampilkan
wajah-wajah asli karyawan baik pada web maupun iklan-iklan di media. Desain dan
tampilan laman depan web dibuat dengan tema-tema kontemporer sosial budaya
Indonesia.
Menjelang
millennium baru kerusuhan antar etnis menajam dan bencana silih berganti,
dengan tema-tema persatuan, ajakan untuk maju bersama, menjaga alam dan budaya
bangsa, Bhinneka.com ingin turut ambil bagian kontribusi pada penyebaran
semangat dan penggalangan persaudaraan. Bhinneka.com sudah 19 kali ganti tema
desain. Desain ke-19 mengangkat tema "Faces of Indonesia" mengangkat
kekayaan budaya Topeng Nusantara.
- Budaya Perusahaan
Seperti
yang ditulis oleh Founder & CEO Bhinneka.com mengenai visi membangun bisnis
yang berdaya tahan, dengan membangun budaya perusahaan. Karena Bhinneka.com
berangkat dari situasi berat waktu krisis, jadi budaya juang dengan kalimat
"bermental baja" atau "jangan cengeng" lumayan kental dalam
bekerja, di samping penyeimbang budaya FUN juga ke segenap awak Bhinnekanerz. Lima
Budaya Bhinnekanerz adalah: 1. Religious
2. Knowledgeable 3. Tough 4. Passionate 5. Fun
Nilai
Bersama dalam melakukan pekerjaan melayani pelanggan dirumuskan dengan
"Pelayanan Antusias dari Hati".
- Memiliki Service Center
Sendiri
Bhinneka.com,
karena asalnya perusahaan ini adalah perusahaan IT sehingga mereka memiliki
service center atau pusat servis sendiri untuk memberikan layanan teknis kepada
pembeli baik untuk produk yang masih bergaransi maupun yang lewat garansi. Bhinneka.Com
adalah partner servis dari Lenovo, HP
printer, HTC dan Sony.
- Memiliki Toko Online Dan
Offline
Bhinneka.com
selain sebagai situs online, juga memiliki toko-toko offline pendukung, untuk
pelanggan yang ingin melihat produk terlebih dahulu, atau ingin melakukan
transaksi langsung serta meyakinkan diri akan keberadaan dan sejauh mana
Bhinneka.com adalah perusahaan yang dapat dipercaya, dapat ke-toko-toko
offline. Harga yang mereka tawarkan antara online maupun offline sama.
Produk yang Dijual Saat Ini
Hingga
saat ini Bhinneka.com menghadirkan lebih dari 40.000 pilihan produk IT maupun
non-IT dengan pilihan 16 kategori utama, yaitu:
- Tablets & Gadgets
- Desktops & Notebooks
- Aksesoris Komputer
- Alat Tulis & Peralatan Kantor
- Server, Network & Power System
- Foto & Videografi
- Alat Musik & Pro Audio
- Sport & Fitness
- Software & Solutions
- TV & Elektronik Rumah
- Makanan & Kebutuhan Rumah
- Kecantikan & Kesehatan
- Baju, Sepatu & Aksesoris
- Mainan & Perawatan Bayi
- Travel & Outdoor
- Perkakas & Otomotif
Referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar